-->

Mengapa Jangkrik Mengerik? Bagaimana Cara Mengerik? Jangkrik apa yang Mengerik? Jangkrik Raksasa Indonesia

Posted by Maz Barock on 2.11.17

Inilah fakta ilmiah tentang jangkrik: Mengapa Jangkrik Mengerik? Jangkrik apa yang mengerik? Bagaimana cara jangkrik mengerik? Cara membedakan jangkrik betina dan jantan, Jangkrik raksasa asal Indonesia.

Jangkrik apa yang mengerik? Jangkrik adalah serangga dari keluarga gryllidae yang berkerabat dekat dengan belalang. Nama jangkrik berasal dari suara yang sering dikeluarkan jangkrik yaitu "krik krik krik" yang sering kita sebut mengerik. Kebiasaan mengerik ini hanya dilakukan oleh jangkrik jantan.

jangkrik jantan

Gambar. Jangkrik jantan

Mengapa jangkrik mengerik? Suara krik-krik-krik digunakan jangkrik jantan untuk menarik betina dan menolak jantan lainnya. Suara jangkrik ini semakin keras dengan naiknya suhu sekitar. Selain itu, jangkrik mengerik untuk menjaga wilayahnya dari musuh-musuhnya.

Bagaimana cara jangkrik mengerik? Suara kerik jangkrik dihasilkan dari organ stridulatori. Organ tersebut berupa pembuluh darah yang berada di bawah sayap jangkrik. Ketika akan mengerik, jangkrik jantan akan melebarkan sayapnya. Ketika sayapnya direntangkan, maka membran di bawah sayap akan bergetar sehingga timbullah bunyi krik-krik-krik yang nyaring.

Cara membedakan jangkrik betina dan jantan

Cara paling mudah membedakan jangkrik betina dan jantan (lihat gambar supaya lebih jelas):

Jangkrik betina

Gambar. Jangkrik betina

  1. lihat sayapnya, jangkrik jantan sayapnya lebih bertekstur dan agak bergelombang, jangkrik betina lebih halus sayapnya.
  2. lihat jarum ekornya, jangkrik jantan jarum ekornya lebih pendek daripada jangkrik betina

Sia Ferox, Jangkrik Raksasa Asal Indonesia

Sia Ferox Jangkrik Raksasa Asal Indonesia

Gambar. Sia Ferox, Jangkrik Raksasa Asal Indonesia

Sia Ferox adalah spesies jangkrik yang hidup di Indonesia. Jangkrik ini termasuk dalam family Stenopelmatidae dan the genus Sia. Panjangnya sekitar 65–80 millimeter (6,5-8 cm). Warnanya coklat. Hidup secara nocturnal, aktif di malam hari sedangkan siang hari tidur. Sia ferox adalah jangkrik predator, diketahui suka memburu laba-laba. Jangkrik sia ferox lebih kuat daripada katydida, mantids, dan kumbang harimau, bahkan mampu membunuh serangga-serangga itu.

Fakta Tentang Jangkrik

Jangkrik adalah omnivora, memiliki antena yang tebal dan panjang, biasa keluar pada malam hari. Di dunia dikenal sekitar 900 spesies jangkerik, termasuk di dalamnya adalah gangsir, cekitir, dll. Jangkerik telah dipelihara manusia sejak lama.

Klasifikasi Ilmiah Jangkrik

Kerajaan: Animalia

Filum: Arthropoda

Kelas: Insecta

Ordo: Orthoptera

Upaordo: Ensifera

Superfamili: Grylloidea

Famili: Gryllidae

Previous
« Prev Post

Related Posts

10:52