-->

Burung Kolibri - Apakah dia Burung Terkecil Di Dunia? Berapa Berat dan Panjangnya?

Posted by Maz Barock on 3.11.17

Burung Kolibri adalah burung terkecil di dunia dari spesies hummingbird. Diantara keluarga trochilidae lai, burung kolibri madu (mellisuga helenae) merupakan burung yang termungil, beratnya hanya 1,8 gram dengan panjang tubuh sekitar 5 cm. Kolibri adalah burung berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan.


burung kolibri madu (mellisuga helenae)

Gambar. burung kolibri madu mellisuga helenae


Telurnya tidak lebih besar dari kacang polong. Burung kolibri hanya bertelur 2 buah dengan warna putih bersih tanpa ada bercak sama sekali. Telur tersebut ditempatkan di dalam sarang yang dibuat secara terampil dari bulu halus tanaman atau terikat pada tempatnya jaring laba-laba. Sisi luar sarang biasanya berhiaskan lumut kerak dan sedikit lumut daun.


telur burung terkecil kolibri

Gambar. telur burung terkecil kolibri


Bagi orang awam, burung ini sering disalah kenali sebagai serangga.


perbandingan kolibri vs tonggeret

Gambar. perbandingan ukuran burung kolibri vs serangga tonggeret


Walau bertubuh mini, kecepatan burung kolibri termasuk tinggi. Mereka mampu terbang dengan 12-80 kali kepakan sayap perdetik. Begitu cepat kepakan sayapnya membuat mata manusia tidak mampu melihatnya dengan jelas. Seorang peneliti dari Universitas California bernama Christopher Clark melakukan pengamatan untuk mengukur kecepatan burung kolibri betina, Christopher mengambil gambar menggunakan kamera super cepat sehingga bisa menangkap setiap gerakan dari burung kolibri. Ia berhasil mendapatkan 500 gambar yang berbeda dalam satu detik. Ketika kawin, burung kolibri jantan bahkan mengepakkan sayapnya hingga 200 kali per detik.


Dibanding dengan burung-burung lain, jumlah bulu burung kolibri yang paling sedikit yaitu sekitar 1000 helai, bandingkan dengan burung lain ada yang memiliki bulu hingga 25000 helai. Walaupun seekor kolibri hanya mempunyai sekitar 1000 bulu, tapi warnanya gemerlapan sehingga dapat memantulkan dan memencarkan sinar warna - warni yang dapat berubah ketika burung bergerak seperti minyak pada air.


Ada lebih dari 300 spesies burung kolibri hidup di dalam wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan. Sedangkan kolibri jenis Sword Billed, ensifera ensifera hidup di bagian barat hutan pegunungan Andes.


Klasifikasi Ilmiah Burung Kolibri

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Upakelas: Neornithes

Infrakelas: Neognathae

Ordo: Apodiformes

Famili: Trochilidae

Subfamili: Phaethornithinae, Trochilinae

Genus: Colibri

Previous
« Prev Post

Related Posts

09:54