-->

Hiu Paus (whale shark) - Ikan Terbesar di Dunia Tapi Cuma Makan Plankton

Posted by Maz Barock on 1.11.17

Ikan Terbesar di dunia adalah Ikan Hiu Paus (whale shark) Rhincodon typus, sedangkan Paus Biru adalah Hewan Laut terbesar yang merupakan mamalia (bukan ikan). Panjang tubuh hiu paus bisa mencapai lebih dari 12 meter dengan berat mencapai 34 ton.


Hiu Paus (whale shark) Ikan Terbesar di Dunia

Gambar. Hiu Paus (whale shark) - Ikan Terbesar di Dunia


Yang menarik, ikan sebesar ini yang mempunyai nama latin Rhincodon typus ini hanya makan plankton, sisa-sisa makanan dan tumbuhan. Sebagai pemakan plankton, yang memperoleh mangsanya dengan menyaring air laut, hiu paus memiliki mulut yang berukuran besar, hingga selebar 1,5 m yang berisikan 10 lembaran penyaring dan sekitar 300 hingga 350 deret gigi kecil-kecil. Ikan hiu paus juga memiliki lima pasang insang berukuran besar. Dua mata yang kecil terletak di ujung depan kepalanya yang datar dan lebar.


mulut hiu paus memakan plankton

Gambar. mulut hiu paus memakan plankton


Hiu ini mendapatkan namanya (Ingg.: whale shark / Indonesia: hiu paus) karena ukuran tubuhnya yang besar dan kebiasaan makannya dengan menyaring air laut menyerupai kebanyakan jenis paus. Hiu ini mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat, dan dapat hidup hingga berusia 70 tahun. Wilayah jelajahnya pada umumnya tidak melewati lintang 30°, utara maupun selatan. Hiu paus diketahui mampu menyelam hingga kedalaman 1.286 m. Spesies ini dipercaya berasal dari sekitar 60 juta tahun yang lalu.


mulut mata hiu paus

Gambar. mulut dan mata hiu paus


Walaupun ikan hiu mempunyai badan yang besar, namun hiu paus relatif tidak berbahaya lantaran kebiasaan mereka yang menutup mata bila merasa terganggu. Gerakannya pun relatif lambat, yaitu hanya 8 km/jam. Hiu paus memang bukan ikan yang gesit. Meski bertubuh besar, Hiu Paus adalah hewan laut yang jinak dan kadang-kadang membiarkan para penyelam menungganginya, walaupun tindakan ini tidak dibenarkan oleh para peneliti hiu dan konservasionis. Hiu Paus muda sebenarnya cukup lembut dan dapat diajak bermain-main oleh para penyelam.


Hiu paus juga sering disebut sebagai hiu karpet karena pola di kulit hiu paus menyerupai karpet. Disebut pula dengan nama ikan geger lintang (dari bahasa Jawa: punggung berbintang) merujuk pada pola warna di punggungnya yang serupa bintang di langit.


Klasifikasi ilmiah Hiu Paus:

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Chondrichthyes

Upakelas: Elasmobranchii

Ordo: Orectolobiformes

Famili: Rhincodontidae

Genus: Rhincodon

Spesies: R. typus

Previous
« Prev Post

Related Posts

21:37