-->

Mengapa Babi Senang Berguling-guling di Lumpur

Posted by Maz Barock on 9.11.17

Melihat babi berkubang berguling-guling di lumpur tentu sangat menjijikkan. Namun bagi babi hal itu sangat bermanfaat. Babi berkubang berguling-guling di lumpur untuk membantu agar tubuhnya tetap dingin. Manusia berkeringat untuk mendinginkan tubuhnya ketika kepanasan. Namun karena babi tidak punya kelenjar keringat yang banyak seperti manusia, maka babi mendinginkan tubuhnya dengan berkubang berguling-guling mandi lumpur.


Babi senang Berkubang di Lumpur

Gambar Babi senang Berkubang di Lumpur


Lalu mengapa babi memilih berkubang berguling-guling di lumpur dan bukan di air? Lumpur ternyata bisa melindungi tubuh babi dari terbakar terkena sinar matahari dan melindunginya dari serangan serangga. Air yang terkandung di lumpur menguap lebih lambat sehingga babi lebih lama merasa dingin.


Fakta Ilmiah Babi

babi makan tanah kotoran

Gambar. babi makan tanah dan kotoran

  • Babi secara anatomi (bentuk dan susunan tubuh) disebut tidak memiliki leher.
  • Babi adalah satu-satunya mamalia yang memakan tanah.
  • Makanan Babi: Babi merupakan hewan yang paling rakus. Ia melahap semua makanan yang ada di depannya walaupun itu adalah kotorannya sendiri. Jika perutnya telah penuh dengan makanan atau makanannya telah habis, maka ia akan memuntahkan isi perutnya dan memakan lagi muntahannya itu untuk memuaskan kerakusannya. Babi juga makan sampah busuk dan kotoran hewan lainnya.
  • Penyakit cacing pita merupakan penyakit berbahaya yang dapat terjadi karena mengkonsumsi daging babi.
  • Daging babi juga merupakan penyebab penyakit kanker anus dan usus besar.

siklus hidup cacing pita pada babi

Gambar. siklus hidup cacing pita


Previous
« Prev Post

Related Posts

23:30