-->

Burung Unta - Burung Terbesar di Dunia yang Belum Punah tapi Tak Bisa Terbang

Posted by Maz Barock on 1.11.17

Burung Terbesar di Dunia yang Belum Punah tapi Tak Bisa Terbang adalah burung unta. Tingginya hampir 2,5 m dengan Berat mencapai 160 kg. Telur burung unta juga besar, bahkan menjadi telur burung terbesar dan terberat dengan berat rata-rata telur burung unta mencapai 6 kg.


Burung Unta - Burung Terbesar di Dunia Tak Bisa Terbang

Gambar. Burung Unta - Burung Terbesar di Dunia Tak Bisa Terbang


Burung ini tidak bisa terbang karena saking besar dan berat tubuhnya tapi hanya mempunyai sayap yang kecil dibanding tubuhnya. Sayapnya lebih banyak berguna untuk membantunya stabil saat berjalan dan berlari. Ketidakmampuan terbangnya ini diimbangi dengan kemampuan Burung unta untuk berlari hingga 70 km/jam, lebih cepat dari Usain Boolt (manusia tercepat) sekalipun. Sehingga di sebagian Afrika Utara dan Arab, orang dewasa berbadan kecil menunggangi mereka sebagai hewan tunggangan untuk balapan.


Pacuan balapan burung unta

Gambar. Pacuan balapan burung unta dikendarai oleh seorang joki


Burung unta (Struthio camelus) merupakan hewan asli Afrika, walaupun begitu burung ini dapat diternakkan di hampir seluruh dunia. Burung unta dipelihara sebagai sumber daging di kawasan sejuk seperti Swedia. Rasa daging burung unta katanya mirip dengan daging sapi namun dengan kadar lemak dan kolesterol yang lebih rendah dari daging sapi, tapi mempunyai kadar kalsium, protein, dan zat besi yang lebih tinggi dari daging sapi. Bulunya diambil untuk dipakai sebagai hiasan. Kulitnya dipakai untuk menghasilkan bahan tekstil. Spesies burung unta yang terdapat di Timur Tengah, yakni Struthio camelus syriacus, telah punah.


Menurut kepercayaan rakyat dan seperti terlihat di film kartun, burung unta terkenal karena kebiasaannya menyembunyikan kepala mereka di dalam tanah saat berhadapan dengan bahaya. Ternyata perilaku ini tidak pernah dicatat atau dilihat, yang sebenarnya adalah burung unta diketahui hanya merendahkan kepala dan leher mereka ke tanah untuk melindungkan diri bila predator mendekat. Apabila terancam, burung unta mampu membuat predatornya atau siapapun yang dianggap membahayakannya luka parah dengan tendangan dari kaki mereka yang kuat itu.


Burung unta adalah hewan berdarah panas dengan sayap dan tubuh yang ditutupi oleh bulu. Bulu mereka tidak berfungsi sebagai keranjang udara. Paruhnya tidak bergigi dan lancip. Burung unta dikenal dengan bersarang secara sosial dimana beberapa ekor burung betina akan bertelur dalam satu sarang, untuk dierami secara bergantian oleh betina pada waktu siang dan jantan pada waktu malam. Telur burung unta adalah telur terbesar dan terberat di dunia dengan berat rata-rata telur burung unta mencapai 6 kg. Telur burung unta membutuhkan waktu 42 hari untuk menetas, sedangkan telur ayam hanya 21 hari.


telur burung unta terbesar

Gambar. telur burung unta, telur terbesar dan terberat di dunia


Burung unta dapat bertelur 40-100 butir pertahun, dengan rata-rata 60 telur pertahun. Setelah menetaskan telur-telurnya, seekor burung unta dapat hidup sampai 70 tahun. Akan tetapi pada kenyataannya rata-rata masa hidup burung unta adalah 50 tahun.


Klasifikasi Ilmiah Burung Unta:

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Struthioniformes

Famili: Struthionidae

Genus: Struthio

Spesies: Struthio camelus


Previous
« Prev Post

Related Posts

12:16