-->

Kolibri - Burung Helikopter yang dapat Terbang Maju-Mundur Kanan-Kiri Atas-Bawah

Posted by Maz Barock on 3.11.17

Adakah burung yang dapat terbang seperti helikopter? Ada, yaitu burung Kolibri. Kolibri dapat terbang seperti helikopter yakni naik dan turun secara vertikal dan terbang di tempat yang sama. Bahkan burung ini dapat terbang naik-turun maju-mundur kanan-kiri.


burung kolibri madu (mellisuga helenae)

Gambar. burung kolibri terbang seperti helikopter


Kebanyakan burung terbang seperti pesawat udara, yakni meluncur ke depan. Tetapi ada satu burung yang dapat terbang seperti helikopter yakni naik dan turun secara vertikal dan terbang di tempat yang sama. Bahkan burung ini dapat terbang mundur.


Burung hebat ini adalah burung kolibri. Burung ini tidak pernah bertengger di dahan pada saat dia makan. Dia tetap terbang di tempat yang sama sambil memasukkan paruhnya ke sekuntum bunga untuk menyedot madunya atau memakan serangga kecil. Bila selesai makan burung kolibri menarik paruhnya sambil terbang mundur. Terbang mundur itu dilakukan dengan memutar arah sayapnya. Hebat bukan? tidak ada burung lain yang bisa seperti itu.


Lihat video di bawah ini untuk mengetahui cara terbang burung kolibri naik-turun maju-mundur kanan-kiri



Burung kolibri adalah burung terkecil di dunia dengan panjang 1-12 cm dan berat 2-20 gram.


perbandingan kolibri vs tonggeret

Gambar. ukuran burung kolibri setara dengan serangga tonggeret


Burung kolibri madu adalah jenis kolibri terkecil yang bisa mengepakkan sayap 80 kali per detik. Setiap menit, burung ini menarik nafas sebanyak 250 kali.


Burung kolibri adalah pemakan yang rakus. Mereka harus makan 5-14 kali setiap jam. Burung kolibri harus makan lebih dari 500% berat tubuhnya sendiri. Bandingkan dengan manusia yang hanya makan 2-4% dari berat tubuhnya sendiri setiap hari.


Info lebih lanjut tentang burung kolibri baca di link Burung Kolibri - Burung Terkecil Di Dunia

Previous
« Prev Post

Related Posts

13:34