-->

Mengapa Football (Sepak Bola) disebut Soccer di Amerika?

Posted by Maz Barock on 17.11.17

Saat menonton pertandingan olah raga sepak bola di Amerika maka pertandingan itu disebut olah raga Soccer, bukan football seperti yang orang Eropa bilang. Di Amerika juga ada istilah Football, tapi yang dimaksud bukan sepak bola. Di Amerika, football adalah istilah untuk olahraga Rugby dimana bolanya lonjong dan cara mainnya dibawa, ditendang, dilempar.


Rugby Football Amerika

Gambar. Rugby - Football Amerika


Di Eropa dan belahan dunia lainnya football adalah istilah untuk sepakbola yang kita kenal, bolanya bulat, cara mainnya ditendang dengan kaki, disundul dengan kepala.


Football Soccer Sepakbola

Gambar. Football Eropa - Soccer Amerika - Sepakbola


Namun kenapa bisa beda, Mengapa Football (Sepak Bola) disebut Soccer di Amerika?


Jawabannya adalah, ketika sepak bola diciptakan di Inggris tahun 1860-an, permainan itu awalnya diberi nama Association Football. Di waktu yang hampir bersamaan, ada permainan populer lain yang disebut Rugby Football. Nah nama soccer adalah julukan sepak bola dari Inggris untuk membedakan kedua permainan tersebut. Namun hanya Amerika Serikat yang sampai sekarang masih memakai istilah Soccer untuk permainan sepak bola. Sementara di negara lain masih menggunakan football sesuai nama awal dari permainan ini.

Previous
« Prev Post

Related Posts

21:03