-->

Mengapa Burung Penguin tak Bisa Terbang? Apa Fungsi Sayapnya?

Posted by Maz Barock on 4.11.17

Ternyata ada burung yang tidak bisa terbang, contohnya adalah burung unta dan burung penguin. Walaupun punya sayap, Penguin adalah burung yang tidak bisa terbang. Mengapa? Karena proporsi sayap penguin lebih kecil dibanding tubuhnya. Itulah sebabnya penguin tidak bisa terbang.


Kalo tidak bisa dipakai buat terbang, lalu apa fungsi sayap penguin? Penguin menggunakan sayapnya yang kecil itu sebagai dayung untuk berenang lebih cepat. Penguin memang jago renang, penguin mampu berrenang dengan kecepatan 6-12 km/jam, bahkan pernah tercatat hingga 27 km/jam. Penguin yang berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit dari permukaan air untuk menangkap makanan. Penguin yang berukuran lebih besar, yaitu penguin emperor bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit.


Fakta Ilmiah Tentang Penguin


penguin emperor

Gambar. Penguin Emperor - Penguin Terbesar di dunia

penguin fairy

Gambar. Penguin Fairy - Penguin Terkecil di dunia


  • Ada 18 spesies penguin di dunia, 13 diantaranya populasinya sedang menurun.
  • Penguin terbesar adalah Penguin Emperor dengan berat hingga 40 kg dan tinggi mencapai 1,1 meter.
  • Penguin terkecil adalah Penguin Fairy dengan berat hingga 1 kg dan tinggi sekitar 40 cm.
  • Penguin umumnya ditemukan di belahan bumi selatan seperti Antartika, Amerika Selatan, Afrika Selatan, Australia dan Selandia Baru.
  • Penguin adalah karnivora, makanan mereka adalah ikan, cumi-cumi dan udang.
  • Mata penguin bekerja lebih baik di bawah air dari pada di udara dan darat.
  • Seekor penguin bisa hidup sampai umur 15-20 tahun. Mereka menghabiskan 75% hidupnya di dalam laut.
  • Di seluruh dunia terdapat 16 spesies penguin (tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies). Walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja. Terdapat tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.
  • Penguin dapat meminum air laut karena kelenjar supraorbital pada tubuhnya menyaring kelebihan garam laut dari aliran darah. Garam ini lalu dikeluarkan dalam bentuk cairan lewat saluran pernapasan penguin.
  • Setiap penguin memiliki warna putih di sebelah dalam tubuhnya dan warna gelap (biasanya hitam) di sebelah luar tubuh. Hal ini berguna untuk kamuflase. Hewan pemangsa seperti singa laut dari dalam air akan sulit untuk melihat penguin karena perutnya yang berwarna putih bercampur dengan pantulan permukaan air laut. Sedangkan permukaan gelap pada punggungnya juga menyamarkan penguin dari pandangan hewan pemangsa di atas air.


Klasifikasi ilmiah Penguin


Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Infrakelas: Neognathae

Ordo: Sphenisciformes

Famili: Spheniscidae


Previous
« Prev Post

Related Posts

23:50