-->

Mengapa Kulit Badan Bentol dan Terasa Gatal Setelah Digigit Nyamuk

Posted by Maz Barock on 26.10.17

Penyebab Kulit Badan Bentol dan Terasa Gatal Setelah Digigit Nyamuk adalah karena racun dari nyamuk dilawan zat antiracun dari tubuh. Berikut penjelasan lengkapnya:


Penyebab nyamuk menggigit menghisap darah bikin bentol gatal

Gambar. Nyamuk menghisap darah


  1. Nyamuk "menggigit" kulit untuk menghisap darah melalui mulutnya yang sangat kecil.
  2. Darah manusia sebenarnya cepat menggumpal setelah keluar dari tubuh. Darah yang menggumpal tentunya sulit dihisap oleh nyamuk.
  3. Agar darah yang dihisap tidak menggumpal, nyamuk menyuntikkan air liur yang mengandung semacam 'racun'.
  4. Saat kemasukan racun, tubuh secara otomatis akan mengirimkan zat antiracun yang disebut histamin ke kulit yang digigit nyamuk.
  5. Histamin akan melawan racun yang disuntikkan nyamuk. Dampak dari perlawanan inilah yang kita rasakan sebagai gatal dan bentol.
  6. Untuk mencegah bentol dan gatal menyebar maka hindarilah untuk menggaruknya. Bentol dan gatal akan hilang sendiri.

Hal yang sama juga terjadi seandainya kita digigit / disengat kutu, semut, lebah, tawon. Racun yang masuk ke tubuh kita dilawan oleh Histamin. Akibatnya kulit mengalami kemerahan, bengkak, bentol dan gatal.


Fakta tentang Nyamuk:


Alat Hisap Darah pada Nyamuk

Gambar. Alat Hisap Darah pada Nyamuk


  • Nyamuk sebenarnya tidak menggigit karena tidak punya gigi, tetapi menghisap dengan alat hisapnya.
  • Nyamuk tidak hanya menghisap darah manusia, tapi juga darah hewan seperti sapi, kerbau, kucing, burung dll.
  • Hanya nyamuk betina yang menggigit / menghisap darah manusia. Kenapa begitu? Darah diperlukan karena untuk bertelur nyamuk membutuhkan protein yang terdapat dalam darah.
  • Nyamuk selalu menemukan sasarannya dengan tepat dengan merasakan panas tubuh korbannya.
  • Golongan darah O menjadi makanan favorit nyamuk.
  • Karbondioksida dalam darah dapat memandu nyamuk untuk menemukan lokasi korbannya. Nyamuk dapat mendeteksinya dari jarak 45 meter.
  • Tiap tubuh manusia menghasilkan keringat dengan aroma yang berbeda-beda, beberapa diantaranya memikat nyamuk.

Masih banyak bahasan yang perlu dikaji lebih dalam seperti gigitan nyamuk yang bikin bengkak, gigitan nyamuk berair, cara menghilangkan gigitan nyamuk di kaki, kulit sensitif terhadap gigitan nyamuk, obat alergi gigitan nyamuk, digigit nyamuk bentol besar, obat alami gigitan nyamuk, cara menghilangkan gigitan nyamuk dengan cepat, supaya tidak digigit nyamuk, digigit nyamuk bentol besar, manfaat digigit nyamuk, jenis kulit yang disukai nyamuk, digigit nyamuk jadi koreng, urutan golongan darah yang disukai nyamuk, golongan darah yang tidak disukai nyamuk, ciri orang yang disukai nyamuk, nyamuk klasifikasi yang lebih rendah, telur nyamuk, umur nyamuk, morfologi nyamuk, jenis nyamuk, nyamuk edis, aedes, aedes aegypti, pengusir nyamuk, cara menghilangkan nyamuk, aplikasi pengusir nyamuk, nyamuk malaria, tanaman pengusir nyamuk, tanda-tanda dbd, aplikasi anti nyamuk, cara mengusir nyamuk, gambar nyamuk, jentik nyamuk, suara pengusir nyamuk, daur hidup nyamuk, alat pengusir nyamuk, perangkap nyamuk, anti nyamuk, penyebab dbd, penyakit dbd, nyamuk dbd, nyamuk aedes aegypti, jasa fogging nyamuk, basmi nyamuk, cara untuk mengusir nyamuk, cara mengusir nyamuk dengan ragi, boneka anti nyamuk, cara alami mengusir nyamuk di kamar, cara alami mengusir nyamuk di rumah, cara mengusir nyamuk dengan sereh, pengusir nyamuk terbaik, minyak kayu putih anti nyamuk, cara membasmi nyamuk dengan cepat, cara cepat mengusir nyamuk, pengusir nyamuk aman untuk bayi, frekuensi pengusir nyamuk, aromatherapy pengusir nyamuk, pembasmi nyamuk alami. Wah banyak deh yang masih harus dibahas dan ditulis

Previous
« Prev Post

Related Posts

10:30