-->

Kelelawar Hidung Babi dan Etruscan shrew - Hewan Mamalia Terkecil

Posted by Maz Barock on 6.11.17

Hewan Mamalia terkecil di dunia: Kelelawar hidung babi (terpendek) dan Etruscan shrew (ter-ringan).


Kelelawar Hidung Babi (Craseonycteris thonglongyai / Kitti's Hog-nosed Bat / Bumblebee Bat) adalah hewan mamalia terkecil di dunia. Kelelawar Hidung Babi mempunyai berat cuma 2 gram dan panjang 2,5-3,3 cm. Ukurannya sama dengan kumbang, oleh karena itu sebagian orang menyebutnya sebagai kelelawar kumbang.


kelelawar hidung babi

Gambar. Hewan Mamalia Terkecil: Kelelawar Hidung Babi


Etruscan shrew. Pesaing terdekat kelelawar hidung babi untuk menjadi pemegang rekor mamalia terkecil adalah Etruscan shrew (Suncus etruscus). Bentuknya mirip tikus mini. Beratnya hanya sekitar 1,8 gram (lebih ringan dari kelelawar hidung babi), sedangkan panjang tubuhnya sekitar 4 cm  (lebih panjang dari kelelawar hidung babi) tidak termasuk ekornya.


Etruscan shrew (Suncus etruscus) mamalia terkecil

Gambar. Etruscan shrew (Suncus etruscus) mamalia paling ringan


Kesimpulan:

  • Hewan mamalia terkecil berdasar berat (paling ringan) adalah Etruscan shrew (Suncus etruscus).
  • Hewan mamalia terkecil berdasar panjang tubuh (paling pendek) adalah Kelelawar Hidung Babi (Craseonycteris thonglongyai).

Penemu dan Habitat Kelelawar Hidung Babi


Kelelawar Hidung babi ditemukan oleh Kitti Thonglonya (zoolog Thailand) pada tahun 1974. Nama kelelawar hidung babi diambil dari hidungnya yang memang mirip babi. Nama latin dari kelelawar hidung babi adalah Craseonycteris thonglongyai. Habitatnya adalah Thailand Barat dan Myanmar Tenggara.


Saat ini, kelelawar hidung babi dikategorikan sebagai hewan yang hampir punah oleh International Union for Conservation of Nature. Penyebab kelangkaan kelelawar hidung babi adalah akibat perusakan hutan.


Klasifikasi Ilmiah Kelelawar Hidung Babi


Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata

Class: Mammalia

Order: Chiroptera

Family: Craseonycteridae

Genus: Craseonycteris

Species: Craseonycteris thonglongyai


Selain menjadi mamalia terkecil, keluarga kelelawar juga mempunyai kelelawar yang menjadi hewan mamalia tercepat di dunia. Hewan mamalia di udara tercepat adalah Kelelawar Big Brown Bat (Eptesicus fuscus) yang mampu terbang dengan kecepatan max 25 km/jam.


kelelawar big brown bat

Gambar. kelelawar big brown bat


Kelelawar ini asli berasal dari Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia, dan utara Amerika Selatan. Info lebih lengkapnya dapat dibaca di link ini Hewan Mamalia Tercepat di Udara: Big Brown Bat

Previous
« Prev Post

Related Posts

21:39