-->

Mengapa di Telinga Manusia Ada Kotoran dan Apa Fungsinya?

Posted by Maz Barock on 26.10.17

Asal Kotoran di telinga manusia adalah sel kulit kering yang sudah mati bergabung dengan sekresi dari kulit telinga. Istilah medis dari kotoran telinga adalah serumen (cerumen). Istilah Inggrisnya Ear Wax. Setiap manusia memiliki kotoran telinga, tetapi jumlahnya berbeda-beda.


kotoran telinga cerumen ear wax


Fungsi Kotoran Telinga (serumen / cerumen / ear wax)


Kotoran di telinga mempunyai tugas dan fungsi untuk menangkap debu dan kotoran sekaligus mencegahnya masuk lebih jauh ke dalam gendang telinga. Gendang telinga adalah struktur yang tipis dan halus yang bertugas menangkap getaran bunyi sehingga membuat anda bisa mendengar.


Ada 2 tipe kotoran telinga, yaitu:

  1. Kotoran telinga basah, biasanya berwarna coklat terang atau gelap dan lengket.
  2. Kotoran telinga kering, biasanya berwarna abu-abu keputihan, kering dan mudah mengelupas.

Kotoran telinga biasanya tersapu dari telinga ketika mandi. Jika sudah menumpuk, berhati-hatilah ketika membersihkannya. Salah-salah ketika anda ingin membersihkannya dengan kapas (cotton bud) malah membuat kotoran masuk semakin dalam, menumpuk, memadat dan mengeras. Akibatnya gumpalan kotoran ini akan mengganggu pendengaran atau bahkan merusak lapisan saluran telinga dan menyebabkan infeksi di bagian luar telinga dan saluran telinga (otitis eksternal).


ear wax kotoran telinga serumen


Cara Membersihkan Kotoran Telinga Teraman (serumen / cerumen / ear wax)


Berikut ini adalah video cara pembersihan kotoran telinga terbesar yang sudah menumpuk, padat, dan besar sampai menutupi lubang telinga. Ingat hanya dilakukan oleh dokter yang berkompeten supaya aman. Jangan jijik melihatnya ya...tonton aja



Masih banyak yang perlu dibahas tentang telinga, antara lain: telinga berdenging, penyakit telinga, radang telinga, cara mengatasi telinga berdengung, cara merawat telinga, bagian bagian telinga, arti telinga berdenging, fungsi telinga, anatomi telinga, struktur telinga, bagian telinga, cara membersihkan telinga, cara mengobati telinga berdengung, telinga kiri berdenging, telinga kanan berdenging, sakit telinga, pembersih telinga, cairan pembersih telinga, penyebab telinga berdengung, membersihkan telinga, firasat telinga berdenging, gangguan pada telinga, kesehatan telinga, saluran telinga, penyebab nyeri telinga, telinga terasa nyeri, Wah ternyata masih banyak deh yang masih harus dibahas dan ditulis tentang.

Previous
« Prev Post

Related Posts

11:37