-->

Mengapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan?

Posted by Maz Barock on 16.11.17

Sejarah Asal-Usul Jarum Jam Berputar ke Kanan:


jarum jam berputar ke kanan

Dahulu sebelum jam ditemukan, beberapa suku dan bangsa kuno sudah mengenal sistem waktu dengan metode dan cara pengukuran yang berbeda. Bangsa Mesir kuno pada waktu itu sudah bisa mengetahui waktu dengan mengamati pergerakan matahari.


jam matahari mesir kuno

jam matahari mesir kuno tugu obelisk

Mereka mendirikan sebuah tugu yang disebut obelisk. Katika matahari bergerak maka bayangan dari tugu itu juga akan bergerak. Nah dari pergerakan bayangan itulah bisa diketahui waktu saat itu. Karena matahari terbit dari timur ke barat dan Mesir berada di sebelah utara khatulistiwa, maka ketika matahari bergerak, bayangan dari tugu obelisk akan bergerak berputar ke kanan. Pergerakan waktu jam yang berputar ke kanan itu dipakai terus sampai sekarang. Itulah alasan kenapa Jarum Jam Berputar Ke Kanan. Namun jika dipikir, seandainya waktu itu mesir adalah sebuah bangsa yang ada dibelahan selatan khatulistiwa yang berarti bayangan tugu bergerak berputar ke arah kiri, mungkin sampai sekarang jam akan berputar ke kiri.


Fakta Unik Menarik Tentang Jam:

  • Arloji menggunakan penghitung menit baru dibuat pada tahun 600an.
  • Memakai arloji pada pergelangan tangan baru dimulai pada saat Perang Dunia I (1914-1918) oleh para tentara. Sebelumnya arloji diikat oleh rantai kemudian dikalungkan di leher atau disimpan di saku.
  • Arloji paling mahal adalah arloji Chopard Super Ice Cube buatan Chopard. Harganya mencapai $1.100.100 atau sekitar Rp. 13 M. Arloji ini mahal karena bertahtakan berlian.
jam arloji termahal chopard super ice cube

Gambar. jam arloji termahal chopard super ice cube

Previous
« Prev Post

Related Posts

21:00