-->

Kecepatan 3 Burung Tercepat di Dunia : Peregrine Falcon, Golden Eagle, Burung Layang-layang

Posted by Maz Barock on 4.11.17

Berikut ini adalah kecepatan dan fakta ilmiah dari 3 burung tercepat di dunia: Peregrine Falcon (389 km/jam), Golden Eagle (320 km/jam), Burung Layang-layang (171 km/jam).


1. Kecepatan Burung Peregrine Falcon / Alap-alap Kawah


burung Peregrine Falcon

Gambar. Burung Peregrine Falcon


Burung ini termasuk ke dalam keluarga Falconidae. Peregrine ini terkenal dengan kecepatannya yang mencapai lebih dari 322 km/jam (200 mph) selama berburu. Saat Peregrine terbang dan mengincar mangsa, dia akan menukik dengan kecepatan yang sangat tinggi. Burung ini merupakan hewan tercepat di dunia. Menurut National Geographic, kecepatan tertinggi yang pernah diukur dari Falcon Peregrine adalah 242 mph (389 km/jam).


Panjang tubuh Burung Peregrine Falcon / Alap-alap Kawah berkisar antara 34-58 cm dan bentang sayapnya antara 74-120 cm.


Mangsa utama Peregrine Falcon / alap-alap kawah adalah burung-burung berukuran lebih kecil seperti merpati, nuri, jalak dan ayam. Mangsanya ini biasanya diburu pada waktu sedang terbang. Peregrine Falcon / Alap-alap juga memangsa hewan-hewan lain seperti kelinci, kelelawar, serangga, kadal dan ikan.


Klasifikasi Ilmiah Burung Peregrine Falcon:

Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata

Class: Aves

Order: Falconiformes

Family: Falconidae

Genus: Falco

Species: F. peregrinus


2. Kecepatan Burung Golden Eagle / Elang Emas


Burung Golden Eagle

Gambar. Burung Golden Eagle


Burung ini termasuk ke dalam keluarga Accipitridae. Burung ini dapat terbang dengan kecepatan 320 km/jam (200 mph) pada saat hendak menangkap mangsanya. Dengan kecepatannya, burung ini dapat mempertahankan wilayah kekuasaannya sebesar 155 km2. Burung ini sangat setia pada pasangannya. Seumur hidup, mungkin mereka hanya akan kawin dengan pasangannya itu saja.


Elang ini menyebar di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Panjang tubuhnya berkisar antara 66-102 cm dan bentang sayapnya antara 1,8-2,34 m.


Klasifikasi Ilmiah Burung Peregrine Falcon:

Kingdom: Animalia

Phylum: Chordata

Class: Aves

Order: Accipitriformes

Family: Accipitridae

Subfamily: Buteoninae

Genus: Aquila

Species: A. chrysaetos


3. Kecepatan Burung Layang-layang


burung layang-layang

Gambar. Burung Layang-layang hirundapus caudactus


Burung yang mempunyai nama latin Hirundapus caudactus mempunyai kecepatan terbang hingga 171 km/jam, Mengalahkan pesaingnya, burung fregat yang hanya bisa terbang dengan kecepatan 153 km/jam.


Burung ini mempunyai kaki yang sangat pendek yang hanya bisa digunakan untuk berpegangan pada permukaan vertikal seperti tebing. Mereka membangun sarang pada celah-celah batu di atas bukit atau pohon berlubang. Sebagian besar kehidupan mereka dihabiskan di udara dan hidup dengan makan serangga yang mereka tangkap dengan paruh.


Klasifikasi Ilmiah Burung Layang-layang:

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Passeriformes

Upaordo: Passeri

Famili: Hirundinidae

Sub Famili : Pseudochelidoninae, Hirundininae

Previous
« Prev Post

Related Posts

22:13