-->

Fakta Laba-laba: Cara Membuat Jaring, Cara Makan, Yang Terbesar dan Terkecil

Posted by Maz Barock on 31.10.17

Berikut ini adalah Fakta-fakta tentang Laba-laba: Cara Membuat Jaring dan mengapa laba-laba tidak tersangkut jaringnya, Cara Makan, Laba-laba Terbesar dan Terkecil.


Laba-laba adalah hewan berbuku-buku (arthtopoda) dengan dua segmen tubuh, 4 pasang kaki, 8 mata, tidak bersayap dan tidak memiliki mulut pengunyah. Laba-laba itu bukan serangga, jadi jangan salah.


A. Cara Laba-laba Membuat Jaring dan Mengapa Laba-laba tidak tersangkut jaringnya


Gambar jaring laba-laba

Gambar. Jaring laba-laba


Didalam tubuh laba-laba, jaringnya masih berbentuk cairan. Ketika laba-laba ingin membuat jaring, maka cairan ini diremas keluar melalui dua lubang kecil di bagian belakang tubuh. Saat terkena udara luar cairan ini mengering dengan segera dan terlihat seperti untaian benang yang tipis, halus, panjang, dan lengket.


Laba-laba membuat jaring yang lengket untuk menangkap mangsanya. Tapi kalo lengket mengapa laba-laba tidak pernah tersangkut jaringnya sendiri?


Sebenarnya tidak semua untaian benang jaring laba-laba itu lengket, ada beberapa untaian yang dibuat tidak lengket. Ketika laba-laba membuat jaringnya, dia mampu mengingat untaian benang mana yang lengket dan mana yang tidak lengket. Ketika laba-laba berjalan di jaringnya sendiri, dia akan meletakkan kakinya pada untaian benang jaring yang tidak lengket.


Tapi namanya juga makhluk Tuhan pasti pernah mengalami lupa atau tidak sengaja seperti manusia, laba-laba kadang juga pernah menginjak bagian untaian jaring yang lengket. Tapi karena laba-laba punya kaki 8, maka dia mampu membebaskan diri dengan mudah.


Info Penting:

  • Laba-laba memiliki 4 pasang kaki, jadi jumlah kakinya ada 8.
  • Laba-laba memiliki 8 mata. Tapi walaupun matanya banyak, laba-laba tidak bisa melihat dengan baik.
  • Jika kaki laba-laba patah, maka akan tumbuh kaki baru.


B. Cara Makan Laba-laba


Kebanyakan laba-laba mempunyai kelenjar racun dan taring di rahangnya. Taringnya digunakan untuk menggigit mangsanya kemudian menyuntikkan racun ke mangsanya. Racun itu berfungsi untuk melumpuhkan, membunuh, menghancurkan mangsanya menjadi cairan semacam bubur yang kemudian dimakan dengan cara dihisap.


Ada beberapa kasus dimana laba-laba tidak jadi memakan mangsanya yang telah dibunuh, maka laba-laba tersebut akan menyimpan makanannya dalam bentuk seperti kepompong sutera agar dapat dimakan di lain waktu.


Video. Cara laba-laba memakan mangsanya


C. Laba-laba Raksasa Terbesar


Laba-laba terbesar di dunia adalah laba-laba raksasa pemakan burung. Salah satu yang pernah ditemukan memiliki rentang kaki 28 cm.


Gambar laba-laba raksasa pemakan burung

Gambar. laba-laba raksasa pemakan burung


D. Laba-laba Terkecil


Laba-laba terkecil adalah marplesi patu. Ukurannya sangat kecil 0,5-1 milimeter. Jika 10 laba-laba ini dikumpulkan maka besarnya hanya sebesar diameter pensil.


Gambar laba-laba patu marplesi

Gambar. laba-laba terkecil patu marplesi


Sampai disini dulu artikel Fakta-fakta tentang Laba-laba: Cara Membuat Jaring dan mengapa laba-laba tidak tersangkut jaringnya, Cara Makan, Laba-laba Terbesar dan Terkecil. Lain waktu semoga bisa dilanjutkan dengan pembahasan tentang Klasifikasi laba-laba, morfologi laba-laba, bagian tubuh laba-laba, jenis laba-laba, laba-laba paling mematikan, ciri ciri laba laba, jenis laba laba di indonesia, alat pernapasan laba laba, bagian tubuh laba laba, dll.

Previous
« Prev Post

Related Posts

17:00