-->

Fakta Kentut: Apa Penyebabnya? Kenapa Bau dan Bunyi? Mengapa Keluar Lewat Dubur?

Posted by Maz Barock on 31.10.17

Berikut ini fakta-fakta tentang kentut: Apakah Kentut itu? Apa Penyebabnya? Kenapa Bau? Kenapa Bunyi? Mengapa Keluar Lewat Dubur? Tak Lupa disertakan pula beberapa mitos tentang kentut.


Fakta Kentut: Apa Penyebabnya? Kenapa Bau dan Bunyi? Mengapa Keluar Lewat Dubur?

Fakta Kentut: Apa Penyebabnya? Kenapa Bau dan Bunyi? Mengapa Keluar Lewat Dubur?


A. Pengertian Kentut - Apakah Kentut itu, Apa Penyebabnya?


Istilah medis kentut adalah flatulence. Kentut adalah gas yang keluar dari tubuh melalui lubang anus/dubur. Setiap orang pasti pernah kentut, bahkan hewan pun juga kentut. Bahkan lagi orang yang sudah meninggalpun ada yang masih mengeluarkan kentut. Biasanya orang kentut 10-20x setiap hari.


Kentut disebabkan oleh 2 hal:

1. Sebagian kecil berasal dari udara yang ikut tertelan saat kita makan. Udara itu ikut masuk ke saluran pencernaan kita.

2. Sebagian besar kentut berasal dari gas yang timbul akibat makanan yang dipecah dan dicerna secara alami oleh bakteri di dalam tubuh.


Makanan yang kamu konsumsi mempengaruhi seberapa banyak anda kentut dan seberapa baunya. Makanan penghasil gas seperti kacang, daging, sayuran (seperti brokoli), telur, ubi, makanan yang digoreng akan meningkatkan jumlah kentut yang dihasilkan.


Proses terjadinya kentut

Proses terjadinya kentut (versi lain)



B. Mengapa Kentut Bau?


kenapa kentut bau dan bunyi

kenapa kentut bau dan bunyi?


Maksudnya disini mengapa kentut bau gak enak dan busuk, bukan bau wangi. Dan memang belum pernah ada orang / binatang yang kentutnya bau wangi (kalo memang ada kentut wangi tolong tulis di kolom komentar dibawah tentang hal itu).


Susunan Gas Kentut: 99% gas kentut (oksigen, nitrogen, hidrogen, karbondioksida) tidak bau dan tidak berwarna. Hanya 1% gas kentut yang bikin kentut jadi bau yaitu hidrogen sulfida (sulfur/belerang), amonia dan metana. Dari 1% itu, sebagian besar bau busuk kentut disebabkan oleh karena beberapa bakteri dalam sistem pencernaan mencerna makanan yang mengandung sulfur dan merubahnya menjadi gas sulfur. Nah gas sulfur inilah yang bikin kentut jadi bau busuk. Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan (contohnya telur, daging, ubi) maka makin bau pula kentutmu. Jadi Makanan penyebab kentut bau adalah makanan yang mengandung sulfur seperti telur, daging, ubi.


Hewan pemakan daging (karnivora) kentutnya lebih bau daripada hewan pemakan tumbuhan (herbivora). Hal ini karena daging lebih banyak mengandung sulfur daipada tumbuhan. Namun kentut hewan herbivora lebih sering dang lebih nyaring bunyinya. Apakah pada manusia juga seperti itu? Coba perhatikan kentutmu dan kentut orang di sekitarmu.


C. Penyebab Mengapa Kentut bunyi keras / lemah?


Bunyi kentut memang khas dan bikin yang mendengarnya langsung 'terpesona' mencari sumber suaranya. Saat gas dikeluarkan melalui lubang anus yang sempit akan mengakibatkan getaran. Getaran inilah yang mengakibatkan bunyi. Prinsipnya sama seperti meniup terompet atau peluit. Penyebab Seberapa nyaring / keras bunyi kentut bergatung kepada seberapa cepat gas dikeluarkan dan seberapa ketat otot sphincter-nya.


D. Hubungan Bunyi dan Bau Kentut, Jenis Kentut, Mitos / Fakta ?


Kata beberapa orang tentang kentut:

  • semakin nyaring suara kentut (tuuuuuut) maka semakin tidak bau busuk kentutnya.
  • sebaliknya semakin lemah suara kentut (pessss) maka semakin bau busuklah kentutnya.
  • jika suara kentut tidak lancat (pret epret epret epret) maka kemungkinan besar gas kentutnya menyerempet kotoran, kalo seperti ini segeralah periksa celana dalammu.

Benar atau tidak, silahkan perhatikan kentutmu dan kentut orang-orang sekitarmu. Tulis komenmu di kolom komentar yang ada di bawah.


E. Mengapa Kentut Keluar Melalui Anus / Dubur?


Gas kentut memang sangat ringan, akan tetapi bukan berarti gas kentut bisa naik dan keluar lewat mulut. Tuhan memang Maha Sempurna, apa jadinya jika kentut dirancang keluar lewat mulut atau hidung .... widiiiiiih jijik banget dan pasti bikin muntah.
Gas di dalam usus terdorong ke bawah oleh gerak peristaltik (memijat) usus. Seiring waktu, dalam perjalanannya gas-gas kecil berkumpul menjadi gas yang lebih banyak. Semakin banyak gas yang berkumpul, maka tekanannya pun semakin besar. Akibatnya gas pun dikeluarkan lewat anus/dubur sebagai kentut.


F. Apakah Kentut sama dengan Sendawa?


Kentut tidak sama dengan sendawa. sendawa lebih banyak mengandung udara, sedangkan kentut lebih banyak mengandung gas yang diproduksi didalam saluran pencernaan. Nanti akan kita bahas lebih detail tentang sendawa itu apa dan mengapa terjadi.


Masih banyak yang bisa dibahas dan mendalam tentang kentut, antara lain: kentut berlebihan, penyebab kentut bunyi keras, jenis kentut, kentut wanita, pengertiaan kentut, kentut di dalam air, kentut lucu, suara kentut, sering kentut, penyebab sering kentut, bayi sering kentut, kentut terus, manfaat kentut. Wah ternyata masih banyak deh yang masih harus dibahas dan ditulis tentang kentut.

Previous
« Prev Post

Related Posts

05:52