-->

Fakta Bintang: Ada Berapa Banyak? Mengapa Bersinar? Mengapa Kerlap-Kerlip? Kenapa Saat Siang Tidak Tampak?

Posted by Maz Barock on 26.10.17

Berikut ini beberapa Fakta tentang Bintang: Ada Berapa Banyak? Mengapa Bersinar? Mengapa Kerlap-Kerlip? Kenapa Saat Siang Tidak Tampak?


1. Ada Berapa Banyak Bintang di Langit?


jumlah bintang di langit

Hanya Tuhan yang tahu berapa banyak jumlah bintang. Manusia hanya bisa mengira-ngira aja. Hingga saat ini manusia hanya bisa mengamati sebagian keciiiiil dari luasnya alam semesta. Dari sebagian kecil yang diketahui itu ada beberapa galaksi yang sudah punya nama.


Menurut Wikipedia Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap–komponen yang penting namun belum begitu dimengerti. Tata surya kita ada di galaksi Bima Sakti. Di Galaksi bima Sakti diperkirakan ada 200-400 milyar bintang.


Jika kita menatap langit pada malam hari yang cerah tanpa awan, maka diperkirakan jumlah bintang yang bisa kita lihat hanya sekitar 6000 saja.



2. Mengapa Bintang Bersinar Warna-warni?


Jika ditanya mengapa bintang bersinar dan asal sinarnya dari mana, maka kita bisa mempelajarinya dari matahari. Ya, matahari adalah bintang yang paling dekat dengan bumi. sedangkan bintang yang lain letaknya sangaaaat jauh.


sinar kuning matahari

Matahari dan bintang merupakan bola gas yang sangat panas. Di dalam bola gas terjadi reaksi nuklir yang sangat besar dan menghasilkan energi yang luar biasa besar. Setelah sampai di permukaan bola gas, energi yang sangat besar tadi dilepaskan dalam bentuk cahaya dan radiasi lainnya.


Lalu mengapa bintang sinarnya warna-warni ada yang biru, putih, kuning, merah? Hal ini disebabkan suhu bintang berbeda-beda. Pada bintang yang mempunyai suhu paling panas akan memancarkan sinar biru atau putih. Pada bintang yang suhunya paling 'dingin', jika dibandingkan bintang yang lain, akan memancarkan sinar merah. Matahari memancarkan sinar kuning karena suhu matahari termasuk 'sedang' jika dibandingkan bintang yang lain.



3. Mengapa Bintang Bersinar Kerlap-Kerlip?


kerlap-kerlip bintang

Jika kita melihat bintang di langit pada malam hari, maka bintang akan tampak seperti berkedip kerlap-kerlip, kadang bersinar terang kadang redup. Mengapa demikian?


Sebenarnya energi berbentuk cahaya yang dipancarkan bintang relatif konstan / stabil. Jadi kerlap-kerlipnya bintang bukan disebabkan oleh bintangnya. Penyebab utamanya adalah karena bumi memiliki atmosfer yang berlapis-lapis. Banyaknya lapisan udara dengan suhu yang berbeda-beda di atmosfer menyebabkan lapisan udara tersebut bergerak-gerak. Nah ketika cahaya bintang memasuki atmosfer bumi maka cahaya tersebut akan dibelokkan oleh lapisan udara tadi sehingga bintang tampak seperti berpindah-pindah. Tetapi karena mata sulit melihat perpindahan semu tadi, maka yang tampak terlihat adalah bintang seperti berkedip kerlap-kerlip.



4. Kenapa Bintang Tidak Tampak Saat Siang?


Jika saat malam bintang tampak terlihat, maka saat siang bintang tidak terlihat, apakah bintangnya pergi? Ternyata bintang tidak pergi, bintang tetap ada di langit saat siang. Bintang tidak terlihat saat siang karena cahayanya kalah terang dibanding cahaya matahari.

Previous
« Prev Post

Related Posts

22:02