-->

Apa Manfaat Cabai? Mengapa Cabai Pedas? Cabai Apa yang Paling Pedas?

Posted by Maz Barock on 31.10.17

Berikut ini penjelasan yang mudah dipahami Apa Manfaat Cabai? Mengapa Cabai itu Pedas? dan info tentang Jenis Cabai Paling Pedas.


Aneka macam jenis cabai

Gambar. Aneka macam jenis cabai


A. Mengapa Cabai Pedas?



Banyak orang Asia Tenggara yang menyukai cabai karena rasa pedasnya. Tapi tahu gak sih Mengapa Cabai itu Pedas? Penyebab rasa pedas pada cabai adalah adanya zat capsaicin pada cabai. Saat makan cabai, capsaicin memberikan isyarat pada otak bahwa lidah sedang terkena panas seperti saat kulit terkena panas. Berbeda dengan panas sebenarnya yang bisa mengakibatkan kulit melepuh, rasa panas di lidah ini hanya 'rasa' tanpa disertai efek melepuh pada lidah.


Kenapa ada capsaicin di cabe? Ternyata capsaicin ini diproduksi oleh tanaman cabai untuk menjaganya terhindar dari berbagai penyakit seperti jamur.


Perlu kamu tahu bahwa tidak semua makhluk hidup dapat merasakan pedas. Burung adalah salah satu makhluk hidup yang tidak dapat merasakan pedas.


Tips mengurangi rasa pedas pada cabai:

Jika ingin mengurangi rasa pedas pada cabai, maka makanlah cabai tanpa bijinya karena zat capsaicin pada biji cabai lebih banyak daripada di daging buahnya.


B. Manfaat Cabai


Ada banyak manfaat dari cabai, berikut ini beberapa diantaranya:

  • Capsaicin dapat mengencerkan lendir pada hidung tersumbat sehingga dapat digunakan untuk meredakan pilek dan melegakan hidung tersumbat.
  • Daun cabai bisa digunakan untuk meredakan sakit perut dan bisul dengan cara digiling lalu dibalurkan pada tempat sakit.
  • Ekstrak cabai bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan jamur pada permukaan kulit asal tahan dengan panasnya.
  • Cabai kaya akan kalsium dan fosfor yang jumlah kandungannya melebihi pada ikan segar.
  • Zat capsaicin sering digunakan sebagai bahan dasar gas air mata yang sering digunakan untuk mengendalikan huru-hara.

C. Jenis Cabai Paling Pedas di Dunia


Perlu diketahui, untuk mengukur tingkat kepedasan cabai dikenal dengan istilah Scoffield Heat Unit (SHU) yang menunjukkan jumlah capsaicin pada cabai. Setelah diukur, maka ditemukan Jenis Cabai Paling Pedas yaitu cabai The Carolina Reaper yang telah dicatat oleh Guinness World Records sebagai cabai terpedas di dunia dengan 2.200.000 SHU.


the Carolina Reaper cabai terpedas di dunia

Gambar. The Carolina Reaper Cabai Terpedas di Dunia


Artikel selanjutnya akan kita bahas tentang 13 cabai terpedas di dunia, tanaman cabai, cabai merah, nama latin cabai, cara menanam cabai, harga cabai, cara pembibitan cabai.

Previous
« Prev Post

Related Posts

21:52