-->

Sejarah Mouse (tetikus): Kapan Diciptakan, Bagaimana Bentuk Pertamanya, Siapa Penemunya?

Posted by Maz Barock on 31.10.17

Inilah Sejarah alat komputer bernama Mouse (tetikus): Kapan Diciptakan, Bagaimana Bentuk Pertamanya, Siapa Penemunya, Mengapa diberi nama mouse?


Mouse (tetikus) adalah alat untuk memudahkan kita menggunakan komputer. Mouse berfungsi untuk memasukkan data dan perintah ke komputer selain keyboard (papan ketik).


Jika kamu pernah menggunakan komputer tentu kamu tidak asing dengan istilah mouse ini (tapi untuk istilah Indonesianya yaitu tetikus banyak orang yang tidak tahu). Alat ini mudah digunakan, tingal menggerakkannya dan meng-klik tombolnya. Namun tahukah anda tentang sejarah mouse?


Sejarah Mouse (tetikus)


Mouse (tetikus) dibuat / diciptakan pertama kali pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart (penemu mouse) untuk membantu orang mengendalikan komputernya.


Douglas Engelbart penemu mouse

Gambar Douglas Engelbart (penemu mouse)


Mengapa bernama Mouse? Bentuk pertama mouse berupa balok kayu kecil dengan roda dan satu tombol, dengan pada bagian belakangnya terdapat kabel panjang seperti ekor tikus. Maka alat ini dinamai Mouse.


Mouse pertama ciptaan Douglas Engelbart

Gambar Mouse pertama ciptaan Douglas Engelbart


Generasi kedua mouse diciptakan pada tahun 1970 oleh Douglas Engelbart (penemu mouse). Mouse generasi ini dapat mengetahui posisi x-y pada layar komputer sehingga dikenal dengan nama x-y position indicator.


Mouse generasi berikutnya umumnya mempunyai dua tombol utama di kiri dan kanan atas yang dapat ditekan dan dilengkapi dengan tombol scroll untuk menggerakkan layar ke atas dan ke bawah yang juga dapat ditekan sebagai tombol ketiga. Bentuknya pun lebih melengkung dan lebih menyerupai tikus dibandingkan dengan model pertama mouse ciptaan Douglas Engelbart (penemu mouse).


Mouse bekerja dengan cara menangkap pergerakan bola yang ada dibawah yang bergulir karena bergesekan dengan bidang datar dibawah mouse. Tapi mouse yang lebih baru sudah tidak menggunakan bola lagi, tapi menggunakan sensor optik untuk mendeteksi gerakan. Teknologinya pun sudah menggunakan sensor laser yang mampu mencapai resolusi 2000-4800 titik per inci (dpi). Mouse seperti ini biasanya digunakan oleh para penggemar video game.


Teknologi mouse terkini sudah tidak menggunakan kabel lagi, diganti dengan teknologi nirkabel seperti radio, infra merah, maupun bluetooth.


wireless Bluetooth mouse nirkabel

Gambar. wireless mouse nirkabel


Previous
« Prev Post

Related Posts

14:00