-->

Mengapa Kapal / Perahu dapat Terapung Di Air?

Posted by Maz Barock on 31.10.17

Bagi ibu-ibu, bapak-bapak, adik-adik, kakak-kakak yang masih bingung Mengapal Kapal dapat Terapung Di Air, ini ada penjelasan mudahnya.


Mengapa Kapal / Perahu dapat Terapung Di Air?

Gambar. Mengapa Kapal / Perahu dapat Terapung Di Air?


Barangkali ada yang pernah berfikir, uang logam yang kecil jika ditaruh di air maka akan tenggelam, tetapi kapal yang terbuat dari logam juga dan berat banget kenapa tidak tenggelam?


Penyebabnya adalah pada fakta bahwa penyebab tenggelam / terapungnya sebuah benda di air bukan ditentukan oleh beratnya, tetapi ditentukan oleh berat jenisnya.


Berat jenis adalah perbandingan berat suatu benda dengan volume benda itu. Semakin ringan suatu benda sedangkan volumenya makin besar, maka berat jenisnya semakin ringan. Jadi rumus berat jenis adalah BJ = Berat / Volume.


Rumus Benda terapung/melayang/tenggelam di air/cairan:

- Benda akan terapung di air/cairan jika berat jenis benda lebih kecil daripada berat jenis air/cairan.

- Benda akan melayang di air/cairan jika berat jenis benda sama dengan berat jenis air/cairan.

- Benda akan tenggelam di air/cairan jika berat jenis benda lebih besar daripada berat jenis air/cairan.


penjelasan mengapa kapal terapung di air

Gambar. penjelasan mengapa kapal terapung di air


Kapal memang berat, tetapi kapal dibuat berbentuk cekungan dan memiliki ruangan yang luas berisi udara sehingga kapal memiliki volume yang besar. Hal ini menyebabkan berat jenis kapal lebih kecil daripada berat jenis air, sehingga kapal dapat terapung di air.


Apa yang terjadi jika kapal dibuat tanpa ada ruangan / rongga sama sekali? ya pasti tenggelam karena berat jenisnya lebih besar daripada berat jenis air.


Jika ada waktu kita akan membahas lebih lanjut tentang Sejarah kapal laut, pengertian kapal laut, jenis kapal laut, penemu kapal laut pertama di dunia, pengertian kapal secara umum, fungsi kapal, penemu kapal layar.

Previous
« Prev Post

Related Posts

11:00