-->

12 Fakta Mitos Kucing: 9 Nyawa, Fungsi Kumis, Mata, Cara Jatuh, Makan Rumput, Rekor Dunia

Posted by Maz Barock on 26.10.17

Berikut ini 12 fakta dan mitos tentang kucing seperti 9 Nyawa, Fungsi Kumis, Mata, Telinga, Ekor, Lidah, Cara Jatuh, Makan Rumput, Jumlah tulang, waktu tidur, Rekor Dunia (anak terbanyak, terberat, tertua, jatuh tertinggi).


1. Apakah Kucing Saat Jatuh Selalu Mendarat dengan Kaki?



cara kucing jatuh

Perhatikan gambar disamping. Walopun saat jatuh kucing dalam posisi terbalik, pada akhirnya dia bisa memutar tubuhnya dan mendarat dengan kakinya. Apakah Kucing Saat Jatuh Selalu Mendarat dengan Kaki? Belum tentu, untuk memutar tubuhnya kucing butuh waktu. Apabila kucing jatuh terbalik dari tempat yang rendah maka dia tidak punya waktu yang cukup untuk memutar sehingga yang pertama mendarat adalah tubuhnya, bukan kakinya.


2. Berapa Jumlah Tulang Kucing?



Kucing mempunyai tulang lebih banyak daripada manusia. Manusia cuma punya 206 tulang, sedangkan kucing mempunyai 230 tulang.


3. Apakah Telinga Kucing sangat Peka?



Telinga kucing mempunyai daya pendengaran yang jauh lebih peka daripada manusia dan anjing.


4. Apakah Fungsi Ekor Kucing?


Ekor kucing berfungsi untuk menjaga keseimbangan kucing terutama ketika sedang berlari, melompat dan jatuh.


5. Apakah Mata Kucing sangat Tajam?



Coba perhatikan kucing di malam hari yang gelap, mereka nyantai aja jalan bahkan lari di kegelapan ga takut nabrak atau terperosok. Kemampuan mata kucing di tempat gelap / malam hari 6x lebih baik dan tajam daripada manusia.


6. Apakah Kucing Punya 9 Nyawa?



mitos 9 nyawa kucing

Ada yang mengatakan kalo kucing punya 9 nyawa, apakah itu benar? Ternyata tidak benar, kucing hanya punya 1 nyawa. Anggapan kucing punya 9 nyawa muncul karena kucing sering lolos dari bahaya. Mengapa menggunakan angka 9? karena angka 9 dianggap sebagai angka keberuntungan.


7. Apakah Fungsi dan Kegunaan Kumis Kucing?



Fungsi dan Kegunaan Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan bagian penting yang digunakan untuk mengenali lingkungannya. Kumis kucing sangat sensitif terhadap sentuhan. Kumis membantu kucing merasakan aliran udara, merasakan perubahan suhu dan merasakan bentuk dan ukuran benda di sekitarnya.


Kumis kucing tebalnya lebih dari 2x tebal rambut yang menutupi tubuhnya. Kumis kucing membentang dari kiri ke kanan kira-kira selebar tubuhnya, sehingga jika kumisnya bisa masuk suatu tempat maka badannya pun juga bisa.


8. Mengapa Kucing Memakan Rumput?



foto kucing makan rumput

Kucing terkadang memakan rumput untuk membantunya memuntahkan rambut yang tertelan sewaktu menjilati tubuhnya. Rambut itu akan menumpuk di lambungnya sehingga harus dikeluarkan.


9. Mengapa Kucing Sering Menggosokkan Badan?



Tentu kamu pernah melihat Kucing Sering Menggosokkan Badannya. Jika menggosokkanya ke kaki atau badanmu berarti dia sedang menandaimu dengan baunya dan menyatakan kamu sebagai pemiliknya. Jika menggosokkannya ke benda seperti tumbuhan, tembok, batu, motor, mobil, dll apalagi jika disertai dengan mengencinginya berarti dia sedang menandai daerahnya.


10. Berapa Lama Kucing Tidur?



Waktu tidur kucing sekitar 16 jam per hari. Lama banget ya, berarti sekitar 2/3 hidupnya digunakan untuk tidur.


11. Apakah Lidah Kucing mengenal rasa seperti Manusia?



Ternyata lidah kucing tidak mengenal rasa makanan. Nafsu makan kucing lebih dipengaruhi oleh bau makanan, bukan rasanya.


12. Rekor Dunia Kucing:



  • Anak kucing terbanyak dalam 1 kelahiran adalah 19 ekor (14 ekor betina, 1 jantan, 4 mati) yang dilahirkan melalui proses sesar pada 7 Agustus 1970. Induk kucingnya bernama Tarawood Antigone yang saat itu berumur 4 tahun.
  • Kucing bernama Dusty dari Texas Amerika menjadi pemegang rekor kucing paling banyak melahirkan dalam setahun. Pada 1952 Kucing Dusty telah melahirkan 420 ekor anak kucing.
  • Kucing bernama Himmy dari Queensland Australia menjadi pemegang rekor Kucing Terberat dengan berat mencapai 20 kg.
  • Kucing bernama Puss menjadi pemegang rekor Kucing Tertua yang pernah tercatat dengan umurnya mencapai 36 tahun. Puss lahir tahun 1903 dan meninggal 1939.
  • Kucing bernama Andy dari Florida Amerika menjadi pemegang rekor Kucing Terjatuh dan Selamat dari Lantai Paling Tinggi. Pada 1970 Kucing Andy jatuh dari apartemen lantai 16 dan selamat.

Masih banyak yang perlu dibahas tentang kucing, antara lain: harga kucing himalaya, habitat kucing persia, foto kucing anggora, jenis kucing, jenis jenis kucing kampung, pelihara kucing persia, foto kucing, jenis kucing peliharaan dan hargnya, pasaran harga kucing anggora, harga kucing hutan, kucing malaysia, kucing lokal indonesia, karakteristik kucing persia, nama2 kucing lucu, harga kucing persia hidung pesek, harga kucing biasa, kucing tidak berbulu, kutu kucing, game kucing, pakan kucing persia, harga vaksin kucing, cara ngerawat kucing anggora, kucing himalaya, kucing anggora, kucing persia, kucing hitam, kucing ragdoll, ras kucing. Wah masih banyak deh yang masih harus dibahas dan ditulis tentang kucing.

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

Related Posts

09:21