-->

Fakta Bintang: Komposisi Penyusun, Warna, Suhu, Terbesar, Terdekat

Posted by Maz Barock on 29.10.17

Artikel Fakta Bintang: Komposisi Penyusun bintang, Warna-warna bintang, Suhu bintang, bintang Terbesar, bintang Terdekat ini merupakan lanjutan dari Fakta Bintang: Ada Berapa Banyak? Mengapa Bersinar? Mengapa Kerlap-Kerlip? Kenapa Saat Siang Tidak Tampak?. Bagi yang pingin tahu silahkan diklik linknya.


Komposisi Bahan Penyusun Bintang


Komposisi Bahan Penyusun Bintang dan matahari adalah sama karena matahari juga bintang. Sebagian besar penyusun binatang yaitu 74% adalah Hidrogen, % Helium, sisanya 1% adalah unsur-unsur lain.


Warna Bintang


bintang kuning matahari

Warna bintang bervariasi dari merah ke biru.


  • Bintang dengan warna merah merupakan yang paling 'dingin' dengan suhu kurang dari 3000 kelvin.
  • Bintang dengan warna kuning seperti matahari suhunya sekitar 6000 kelvin.
  • Bintang dengan warna biru suhunya lebih dari 12000 kelvin.


Ukuran Bintang dan Bintang Terbesar


Diantara bintang-bintang lain, matahari termasuk bintang yang kerdil. Walaupun begitu banyak bintang kerdil berwarna merah yang ukurannya rata-rata 50% dari bobot matahari dengan energi yang dikeluarkan 10.000 lebih kecil dari energi matahari.


Bintang terbesar di jagat raya yang pernah ditemukan adalah VY Canis Majoris yang ukurannya 1800-2100 kali ukuran matahari. Jarak dari bumi sekitar 4900 tahun cahaya. Tapi biasanya bintang-bintang dengan ukuran besar biasanya berumur pendek.


bintang VY Canis Majoris

bintang VY Canis Majoris


perbandingan ukuran matahari dan bintang VY Canis Majoris

perbandingan ukuran matahari dan bintang VY Canis Majoris


Perbandingannya Jika Bumi diibaratkan sebagai bola dengan diameter 1 cm, Matahari diwakili bola dengan diameter 109 cm dengan jarak antara keduanya 117 meter, maka pada skala ini VY Canis Majoris memiliki diameter sekitar 2.3 kilometer.



Bintang Terdekat


Sudah pasti bintang terdekat dari bumi adalah matahari dengan jarak 150.000.000 km. Bintang terdekat berikutnya adalah Proxima Centauri yang jaraknya 4,246 tahun cahaya, jarak segini jika ditempuh dengan pesawat ruang angkasa tercepat saat ini akan membutuhkan waktu 70.000 tahun.


bintang alpha dan proxima centauri

bintang-bintang terdekat dengan matahari dan bumi



Previous
« Prev Post

Related Posts

00:32