-->

Permen Karet: Manfaatnya? Mengapa Tak Lengket di Gigi? Mengapa Kenyal? Bahayakah bila Tertelan?

Posted by Maz Barock on 31.10.17

Berikut ini fakta-fakta tentang permen karet: Apa manfaatnya? Mengapa Tak Lengket di Gigi saat dikunyah? Mengapa Kenyal? Terbuat dari apa? Bahayakah bila Tertelan? Permen karet sehat yang disarankan.


A. Mengapa permen karet saat dikunyah tidak lengket di gigi?


permen karet lengket

permen karet tidak lengket di mulut, tapi lengket di tempat kering


Bagi yang pernah makan permen karet tentu tahu bila saat dikunyah dan dibolak-balik di mulut permen karetnya tidak pernah lengket di gigi, lidah dan bagian dalam mulut lainnya. Tapi jika sudah dibuang keluar mulut, permen karet akan terasa lengket bahkan bisa menempel pada sandal, sepatu, dinding, rambut, meja, dsb.


Mengapa tidak lengket di dalam mulut? penyebabnya adalah karena di dalam mulut terdapat ludah yang membasahi permen karet, gigi dan bagian-bagian lainnya di dalam mulut. Karena sama-sama basah sehingga permen karet tidak lengket di dalam mulut. Sedangkan jika saat di luar mulut permen karet bertemu dengan benda yang kering, maka lengketlah permen karet itu pada benda kering tadi.


B. Mengapa permen karet Kenyal? Terbuat dari Apa?


Dahulu orang Amerika kuno mengunyah resin cemara (zat lengket yang berasal dari pohon cemara) sebagai pembersih gigi. Zat inilah yang dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat permen karet.


Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini bahan dasar pembuat permen karet adalah bahan karet / lateks, resin, lilin dan lemak. Setelah bahan dasar dibuat barulah dicampur dengan bahan permen (15-20%) dan gula (25-30%). Jadi permen karet kenyal karena salah satu bahan dasarnya adalah karet yang kenyal.


C. Bahayakah jika permen karet tertelan?


Bahayakah jika permen karet tertelan

Bahayakah jika permen karet tertelan?


Tidak bahaya jika jumlahnya sedikit. Perut manusia tidak dapat mencerna permen karet. Jika permen karet tertelan, maka permen karet hanya akan sekedar melewati saluran perncernaan dan kemudian keluar utuh bersama kotoran saat berak / BAB. Biasanya permen karet akan keluar 1-2 hari setelah tertelan. Jadi tidak benar mitos yang mengatakan bahwa permen karet butuh waktu 7 tahun untuk bisa dicerna di dalam perut. Walaupun tidak berbahaya jika jumlahnya sedikit, namun sebaiknya jangan menelannya secara sengaja.


D. Manfaat Mengunyah Permen Karet


- Permen karet dengan daya lekatnya dapat membersihkan sisa-sisa makanan pada permukaan gigi.

- Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mengurangi proses terbentuknya plak-plak gigi.

- Mengunyah permen karet bermanfaat untuk melatih otot-otot untuk mengunyah dan menggigit dan dapat memperlancar peredaran aliran darah di wajah. Jadi Mengunyah Permen Karet bermanfaat untuk wajah dan pipi


E. Jenis Permen Karet Sehat yang Disarankan


Jika kita mengkonsumsi gula apapun bentuknya dan ada sebagian yang tertinggal di mulut, maka bakteri di dalam mulut akan mengubah gula tersebut menjadi asam. Asam ini akan mengikis kalsium gigi (email gigi) sehingga gigi menjadi rusak. Para ahli telah menemukan zat pengganti gula yang tidak merusak gigi yaitu Xylitol. Oleh karena itu jika ingin mengunyah permen karet maka disarankan pilihlah permen karet yang mengandung Xylitol apapun merk nya yang penting halal dan sehat.

permen karet sehat mengandung xylitol

Gambar. permen karet sehat mengandung xylitol



Permen karet yang sehat, permen karet big babol, manfaat mengunyah permen karet bagi wajah, merk permen karet yang sehat, bahaya permen karet, manfaat permen karet untuk pipi, mengunyah permen karet terlalu lama, permen karet mengandung xylitol

Previous
« Prev Post

Related Posts

08:00